img
Admin Capolaga 22 May, 2016 207

Kemah keluarga bersama Family Camp Community

MENGISI LIBURAN DENGAN KEGIATAN YANG MENYENANGKAN DAN BERMANFAAT

Banyak pilihan kegiatan untuk mengisi waktu liburan sekolah. Masing-masing pilihan pasti ada plus minusnya.  Salah satu kegiatan mengisi waktu liburan sekolah bersama keluarga adalah Berkemah.

Bila kita mendengar kata Berkemah, bayangan kita adalah kegiatan yang selalu diikuti oleh Pramuka.  Kegiatan Berkemah memang tidak bisa dilepaskan dari Pramuka, kegiatan yang mengajarkan hidup mandiri dan keprasahajaan hidup memang salah satu kegiatan yang identik dengan Pramuka.

Seiring perjalanan waktu ternyata kegiatan menyenangkan yang selalu diadakan oleh Pramuka dan Pecinta alam tersebut akhir-akhir ini banyak diminati oleh orang-orang diluar organisasi Pramuka dan Pecinta alam. Banyak manfaat yang akan kita peroleh dengan kegiatan Berkemah bersama keluarga antara lain :

1. Melatih anak untuk belajar hidup mandiri.

2. Menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan hidup serta menanamkan rasa cinta alam lebih dini.

3. Lebih mendekatkan hubungan antara anggota keluarga.

4. Melatih anak untuk hidup bergotong royong.

5. Menambah teman dan kelompok.

6. Menumbuhkan pemahaman dan rasa syukur akan kebesaran ciptaan Allah SWT.

7. Mengasah ketrampilan dan kreatifitas berkegiatan di alam bebas.

Dan masih banyak lagi manfaat kegiatan berkemah bersama keluarga.


MENENTUKAN LOKASI BERKEMAH 
Hal utama yang harus diperhatikan saat akan mengadakan kegiatan berkemah adalah memilih tempat atau lokasi berkemah. Buat yang sudah terbiasa berkemah seperti Pramuka atau Pecinta alam tempat dengan minim fasilitas bahkan sedikit ekstreem mungkin tidak masalah karna mereka sudah terbiasa berkemah dengan kondisi alam apa adanya justru itu menjadi tantangan yang mengasyikkan dengan memanfaatkan alam yang ada.

Bagi pemula dan berkemah bersama keluarga atau”Family Camp” , faktor keamanan,  kenyamanan dan fasilitas yang memadai merupakan hal mutlak yang harus diperhatikan.  Jangan sampai tujuan untuk bersenang-senang atau fun menjadi petaka dan pengalaman yang buruk.

Saat ini banyak tersebar lokasi berkemah atau “Camping Ground”  yang dimiliki oleh Pemerintah dalam hal ini Perum Perhutani, Organisasi seperti Pramuka atau Pecinta Alam maupun Swasta perorangan  yang dikelola secara profesional dengan mengutamakan keamanan dan kenyamanan pengguna. Bahkan bagi yang tidak petnah berkemah sekalipun bisa menikmati sensasi tidur di alam terbuka dengan tenda tanpa perlu bersusah payah membawa peralatan berkemah termasuk peralatan masak dialam terbuka.   Semuanya disediakan oleh Pengelola, cukup membayar Camp Fee serta keperluan pribadi. Semua perlengkapan Berkemah disediakan oleh pengelola mulai dari tenda yang siap berdiri lengkap dengan isinya seperti sleeping bag, matras, lampu tenda hingga peralatan masak dan makan.  Tdermasuk didalamnya kegiatana selama berkemah diatur oleh pengelola.

Sebagai bahan acuan memilih tempat berkemah bersama keuarga  ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain :

1. Akses menuju lokasi.   
 Pilih lokasi yang jaraknya relatif tidak terlalu jauh baik dari rumah sampai lokasi dan dari tempat parkir menuju lokasi mendirikan tenda.

2. Keamanan. 
Lokasi harus benar-benar aman bagi dari segi alam maupun gangguan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.  Camping Ground yang dikelola secara baik biasanya akan memperhatikan faktor privacy dan keamanan penggunan, sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memasuki areal

3. Sumber air bersih dan fasilitas MCK. 
Kebersihan areal perkemahan dengan kontur tanah yang baik serta sumber air bersih yang cukup dan tidak kalah pentingnya adalah ketersediaan MCK (Mandi Cuci Kakus)  yang memadai sehingga mencukupi untuk jumlah peserta yang berkemah.

4. Pemandangan atau View. 
Tidak kalah pentingnya lokasi sebaiknya mempunyai pemandangan dan view yang relatif indah apalagi bila dekat dengan obyek wisata yang bisa dikunjungi dari perkemahan seperti ; air terjun, gua, sumber mata air panas atau lainnya dengann jalur tracking yang relatif aman untuk anak-anak.

5. Waktu datang ke lokasi usahakan jangan pada sore atau malam hari, hal ini agar anak-anak cukup waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan.
Disamping itu datang sebelum hari gelap dapat memberikan orientasi dan mengeksplorasi lingkungan sekitar dimana nantinya mereka akan bermalam.


PERSIAPAN SEBELUM BERANGKAT 
Biasakanlah membuat list barang-barang yang akan dibawa . Hal ini akan mengurangi resiko barang tertinggal baik saat berangkat maupun saat akan kembali pulang.  Pada saat musim hujan , jangan lupa membawa lembaran jas hujan dan lembaran plastik lebar atau fly sheet untuk melindungi tenda agar air hujan tidak tembus kedalam tenda.  Jika anak-anak memilki kebiasaan tertentu missalnya tidak mau makan dengan piring kesayangan atau harus bobo dengan boneka kesayangan, jangan lupa barang-barang tersebut dimasukkan kedalam daftar barang yang harus dibawa dan Tidak kalah pentingya adalah obat-obatan pribadi.

Bahan makanan atau logistik dibawa sesuai kebutuhan berapa lama kita akan berkemah. Usahakan membawa bahan makanan yang praktis namun menyehatkan, bila diperlukan membawa bahan makanan setengah matang yang relatif tahan lama, shingga pada saat di perkemahan tinggal masak sebentar bisa langsung dikonsumsi.

Sebaiknya semua barang terutama pakaian dimasukkan kedalam kantong plastik dahulu sebelum dimasukkan kedalam tas atau ransel. Hal ini dimaksudkan bila terjadi hujan, maka barang-baran tersebut bisa tetap kering walaupun tas atau ransel basah.


FAMILY CAMP COMMUNITY 
Berkemah bersama keluarga akan lebih baik lagi bila dilakukan bersama-sama dengan teman atau beberapa keluarga.  Hal ini yang dilakukan oleh “Family Camp Community” salah satu komunitas berkemah bersama keluarga yang saat ini sudah memiliki tidak kurang dari 100 anggota keluarga.

Komunitas ini terbentuk sejak Desember 2009 di jejaring sosial Facebook.  Group yang digagas oleh beberapa mantan aktifis anggota Pramuka dan Pecinta Alam antara lain ; Syaukani Okan, Fachrudi, Awaludin, Norman Febramsyah dan Rizki Ananda ini bersifat terbuka.

Fachrudi salah satu admin grup ini mengatakan prinsip kegiatan dalam family Camp Community (FCC) adalah “dari kita, oleh kita dan untuk kita”

Bagi orang dewasa, kegiatan FCC adalah hiburan, ya sudah pasti demikian,  karna  ” Fun time with  family and friends” akan selalu menjadi spirit kegiatan FCC. Namun bagi anak-anak kita yang ikut serta kegiatan FCC harus menjadi hiburan sekaligus mengandung nilai-nilai edukatif, dan itu adalah tanggung jawab kita.

Awaludin menambahkan sejak berdiri grup ini telah mengadakan beberapa kali kegiatan “Family Camp” dengan mengambil tempat antara lain Batu tapak Sukabumi, Curug Cihurang - Bogor, Sukamantri - Bogor, Capolaga -Subang dan lain-lain.  Antusiasme peserta cukup bagus terbukti setiap mengadakan kegiatan jumlah peserta selalu meningkat. Bisa dimaklumi karna Berkemah adalah kegiatan positif, edukatif, rekreatif serta relatif ekonomis apalagi dengan prinsip dari kita, oleh kita dan untuk kita, maka segala sesuatunya akan terasa lebih ringan bila dilakukan bersama-sama, termasuk camp fee yang dibebankan ke peserta bisa jauh lebih ekonomis daripada kita mengadakan perkemahan sendiri. Belum lagi keuntungan non finansial menambah teman  dan memperluas jaringan pertemanan.

Sementara  Norman F  dan Rizki menambahkan komunitas ini bersifat non profit, jadi prinsip dari kita, oleh kita dan untuk kita benar-benar dirasakan saat mengikuti event kegiatan yang diselanggarakan FCC.

Kegiatan Family Camp sendiri diadakan pada setiap hari libuar sekolah yaitu pada setiap bulan Desember dan Juni. Jadi dalam setahun komunitas ini mengdakan 2 kali kegiatan kemah bersama keluarga.

Deddi Margidianto salah satu anggota FCC mengakui kegiatan “Family Camp” di FCC salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu anak-anak pada setiap liburan Sekolah. Pada event tersebut anak-anak bertemu dengan teman-teman baru dengan suasana di alam terbuka,  Walau itu  hanya terjadi 2 kali dalam setahun yaitu saat liburan sekolah desember dan juni,   justru dengan frekwensi yang terbatas tersebut membuat pertemuan menjadi lebih bermakna. lebih lanjut Irma yang selalu rajin mengikuti kegiatan FCC mengatakan  kegiatan FCC itu ngangenin, walaupun melelahkan tapi fikiran akan kembali fresh setelah kembali kerumah tandasnya.

Pendek kata kegiatan Berkemah bersama keluarga adalah kegiatan yang sangat bermanfaat pada zaman dimana banyak orang sudah melupakan nilai-nilai kebersamaan. Dengan kegiatan berkemah bersama keluarga mari  kita jadikan anak-anak kita dan keluarga menjadi “Sahabat alam”.

Berikut beberapa lokasi Camping Ground yang bisa dikunjungi :

1. Capolaga adventure camp : Desa cicadas, Panaruban, Subang - Jawa Barat. Phone : 0260470941, 08157165232, (contact person : Kang Endang).

2. Situgunung park : Jl. kadudampit km.9, cisaat - Sukabumi. Phone 087820519429 (contact person : kang Adam).

3. Panorama alam camping ground :  Gunung Bunder, Pasir Reungit, kawasan gunung salak endah - Bogor.
        Phone 085710793979 (contact person : kang Agung).

4. Sukamantri camping ground : cikaret - Bogor. phone 08888417017 (contact person : kang ucup).


Leave a Comment