img
Admin Capolaga 22 May, 2016 207

MENGISI LIBURAN DENGAN BERKEMAH

Banyak cara untuk mengisi waktu liburan. Berkemah menjadi salah satu alternatif pilihan dengan biaya yang tidak terlalu besar tapi menantang. Selain itu, kita bisa merasakan tinggal di alam bebas, dalam suasana hening, tidur di tenda, dingin tapi menyenangkan. Kegiatan ini bisa diisi dengan berbagai permainan yang membuat suasana lebih akrab dan kompak. Tak hanya itu, kita juga bisa merasakan pengalaman tak biasa, seperti mandi di kamar mandi umum, atau bahkan di sungai dan air terjun. 

Berkemah menjadi cara  menyenangkan untuk  mengisi liburan, karena kita bisa bersatu dengan alam.  Tidak hanya merasakan keseruan saat bersama-sama tapi juga mendekatkan satu sama lain. Seperti menikmati suasana tidur di tenda, bermain gitar, bercanda dengan teman-teman, masak bareng untuk makan malam, ataupun saat mencuci di kali. Belum lagi kalau hujan turun, mau tidak mau harus kompak bersatu padu membuat kondisi nyaman untuk satu sama lain.

Berkemah pun bisa mengakomodir hobi kita, misalnya fotografi. Aktivitas fotografi memang bisa dilakukan dimana saja, tapi menemukan suasana di alam bebas ataupun binatang yang jarang ditemui sehari-hari bisa menjadi objek foto yang lain dari biasanya.

Banyak lokasi  untuk tempat camping. Tempat berkemah yang  biasa dikunjungi salah satunya berada di daerah ciater subang, tepatnya di Taman Wisata Alam Capolaga yang berlokasi di Kampung Panaruban, Desa Cicadas Kec. Sagalaherang kab. Subang. Disana kita bisa melihat pelesatrian burung  Elang jawa, bermain di 3 air terjun (Curug Karembong, Curug Sawer, dan Curug Goa Badak) dengan menawarkan kejernihan sungai nan bersih. Biaya masuknya pun tidak terlalu mahal dan banyak pilihan tempat untuk membangun tenda.

Hal yang harus diperhatikan saat berkemah adalah perlengkapan khusus, seperti pakaian yang cepat kering,  Biasanya kalau berkemah di pegunungan , cenderung hujan dan sedikit sekali terkena sinar matahari, sehingga waktu kita menjemur pakaian tidak banyak. Jangan lupa membawa perlengkapan pribadi seperti obat-obatan. 

Lebih lengkapnya, berikut perlengkapan umum untuk  berkemah yang sebaiknya jangan sampai terlupakan : ransel, pisau, tenda, sleeping bag, kantong sampah, botol air minum, lampu badai, peta, water purifier, baterei ekstra, korek api, sendok garpu, kompas, pisau lipat, senter tahan air, sleeping mat, first aid kit (kotak P3K) dan kaca mata.

Adapun untuk pakaian, bisa mempersiapkan diri dengan membawa widproof atau waterproof shell (semacam windbreaker), t-Shirt bahan katun, celana lapangan (bukan jeans), pakaian dalam, ponco, topi, bandana, sandal, sepatu hiking, kemeja, kaos kaki wool atau sintetik, dan kantong plastik untuk pakaian.  Jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan masak seperti water carrier, bahan bakar, kompor gas portable dan deterjen ramah lingkungan.

Untuk perlengkapan mandi dan kebersihan, beberapa hal yang harus diperhatikan : sisir, sabun cair, dental floss, handuk, sikat gigi, gunting kuku, pasta gigi, tisu kering dan tisu basah. Perbekalan makanan sebaiknya memenuhi kebutuhan gizi  seperti nasi instan atau mie instan, cereal, roti, biskuit, crackers, susu bubuk , teh , kopi, telur (letakan di wadah khusus), buah-buahan, makanan kaleng seperti sarden atau tuna kaleng dan sup instan.

Hal-hal tersebut bisa dijadikan panduan untuk persiapan berkemah, tapi tentunya diskusi dengan teman-teman seperjalanan diperlukan dalam pembagian barang bawaan dan pemilahan barang yang harus dibawa.


Leave a Comment